Oleh: niamw | Maret 18, 2010

UN Ulangan Bantu Siswa Lulus Sekolah

JAKARTA, KOMPAS.com – Ujian Nasional (UN) tahun ini akan berlangsung dua tahap, yaitu UN Utama dan UN Ulangan. UN ulangan berfungsi membantu siswa yang nilainya tidak mencapai standar nilai kelulusan.

UN Ulangan diharapkan dapat dimanfaatkan oleh siswa yang nilainya di bawah standar. Bukan berarti juga keberadaan UN Ulangan ini jadi mengecilkan peran UN Utama di sini. UN Utama tetap yang paling penting.

“Nilai yang diperoleh si anak di UN Ulangan hanya berfungsi membantu kelulusannya. Nilai tersebut tidak akan mengubah peringkatnya saat masuk SMP atau SMA karena nilai yang diperhitungkan adalah nilai UN Utamanya,” kata Wakil Menteri Pendidikan Nasional, Prod Dr Fasli Jalal, usai video conference di Gedung Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Jakarta, Kamis (18/3/2010).

Meskipun begitu, lanjut Fasli, tidak menutup kemungkinan si anak untuk melanjutkan sekolah. Jika nilai UN Ulangannya memenuhi standar nilai kelulusan maka si anak berhak lulus dari jenjang pendidikan tersebut.

Hanya saja, nilai yang diperhitungkan adalah nilai yang diperoleh saat UN Utama sehingga saat penerimaan siswa baru di jenjang pendidikan berikutnya, nilai UN Utama lah yang berperan. “Jadi sekali lagi UN Ulangan hanya sekedar membantu si anak agar lulus saja.” ujar Fasli.

Sumber: http://edukasi.kompas.com/read/2010/03/18/19370040/UN.Ulangan.Bantu.Siswa.Lulus.Sekolah


Responses

  1. Saya setuju dengan adanya UN ulangan. Namun UN ulangan itu jangan dicampur dengan UN untuk siswa program Kejar Paket. Karena tujuan pendidikan di SMP/SMA ialah untuk siswa yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. sedangkan Kejar Paket lebih untuk membekali siswa dengan keahlian-keahlian/jketrampilan tertentu agar setelah lulus dari program kejar paket siswa yang bersangkutan mampu hidup mandiri.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: